Wujudkan Situasi Aman Dan Kondusif, Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Rohul

Rabu, 27 September 2023

Wujudkan Situasi Aman Dan Kondusif, Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Rohul


ROKAN HULU- Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Cinemax I Hotel Sapadia Pasir Pengaraian di Jl Tuanku Tambusai Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah, Rabu (27/9/2023) sekitar pukul 14.20 Wib.

Giat dihadiri, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH, Bupati Rohul H Sukiman diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suharman Nst SPi MM, Ketua DPRD Rohul diwakili Anggota DPRD Budi Darman, Dandim 0313 KPR diwakili Pabung Rohul Mayor Andre Suardi S Sos, Perwakilan Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian, Kajari Rohul diwakili Kepala Seksi Barang Bukti dan Barang Rampasan Lita Warman SH MH

Dalam kesempatan itu, Ketua KPUD Rohul di wakili diwakili Komisioner Cepy Abdul Husen SPd MM Dirinya mohon maaf, karena Ketua KPUD Rohul tidak dapat hadir, karena ada kegiatan rakornas.

"Semoga kegiatan ini ke depan akan berjalan dengan baik, aman dan kondusif," harapnya.

Lanjutnya, ada 18 partai Politik yang akan mengikuti kegiatan ini Hingga sampai saat ini tidak ada permasalah di Kabupaten Rohul 

"Pada 4 November 2023 akan kami umumkan hasil Penetapan DCT yang telah kami data. Beban dan tangungjawab keamanan merupakan tangung jawab kita bersama," kata Cepy Abdul Husen SPd MM 
.
Dijelaskannya, Pemilu merupakan pemersatu bangsa, sarana berintegrasi bangsa dan bisa memajukan Bangsa, khususnya di Kabupaten Rohul.

"Mari kita sama-sama menciptakan situasi yang kondusif, dari diri kita masing-masing dan lainnya, mewujudkan apa yang akan kita deklarasikan," katanya.

Di tempat yang sama, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Elemen baik TNI, Pemerintah Daerah dan seluruh Partai Politik maupun organisasi Masyarakat serta seluruh tokoh Masyarakat atas partisipasi dan dukungannya dalam mensukseskan kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 l.

"Kegiatan yang mengusung tema 'Pemilu Yang Bersih, Aman, Damai, Kondusif dan Berintegritas Di Kabupaten Rokan Hulu', Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan mekanisme penyaluran pendapat dan hak asasi rakyat secara berkala dalam sistem Demokrasi," sebut AKBP Budi.

"Pemilu, merupakan bentuk implementasi sistem Demokrasi dari penerapan sila keempat Pancasila dan Pasal 1 Ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. sejak tahun 1945, Indonesia telah melaksanakan Pemilu sebanyak dua belas kali dan Pemilu tahun 2024 akan menjadi Pemilu yang ketiga belas di Indonesia," jelasnya.

Orang Nomor Satu di Mako Polres Rohul menjelaskan, pada Pemilu 2024 nanti, Pemilu diselenggarakan untuk memilih Presiden, Wakil Presiden dan Wakil Rakyat di Badan Legislatif Baik di Tingkat Pusat Maupun di Daerah (DPR RI, DPD, DPRD PROVINSI dan DPRD Kab/Kota). 
Ada dua Perspektif dalam pemaknaan Pemilu. dua hal tersebut yaitu,

 1. Sebagai kontes /pertunjukan /ajang persaingan antar calon untuk mendapat dukungan pemilih untuk menentukan siapa calon terbaik yang paling diinginkan masyarakat menduduki suatu jabatan. Dalam hasil arena kontestasi tidak ada calon yang benar dan salah, karena tujuan kontes sesungguhnya adalah mencari kontestan terbaik diantara kontestan - kontestan lain yang juga baik. Pasca kontestasi, pihak yang kalah memberi apresiasi dan pihak yang menang tidak tinggi hati, saling merangkul, karena sejak awal tujuan kontestasi bukan menentukan mana yang paling benar dan salah.

2. Sebagai arena edukasi politik untuk meningkatkan literasi politik publik. Pemilu menjadi arena edukasi yang langsung melalui komunikasi dan tindakan politik para peserta. Dengan edukasi politik yang baik serta berkelanjutan akan membantu wajah demokrasi yang mengedepankan dialog dan rasionalitas tindakan.

Adapun kontribusi pemilu dalam mengintegrasikan bangsa dan mewujudkan kedamaian yaitu untuk :
Memperkuat identitas nasional. pemilu sebagai momen perayaan kebangsaan dan pemilu mengangkat simbol – simbol nasional.

(Suherman)