Acara Sedekah Bumi Petani Yang Berhasil Dengan Hasil maksimal Mendapatkan Hadia Hiburan Dari Pemerintah Desa

Sabtu, 18 November 2023

Acara Sedekah Bumi Petani Yang Berhasil Dengan Hasil maksimal Mendapatkan Hadia Hiburan Dari Pemerintah Desa



Cirebon, Antusias menyambut Acara Sedekah bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga  di  Desa Buyut Kecamatan Gunung jati Kabupaten Cirebon.

Sebagai bentuk rasa syukur atas segala berkah yang diperoleh,  masyarakat Desa Buyut, Kecamatan Gunung jati mengadakan acara syukuran desa. Acara yang digelar pada Sabtu 18 November 2023.

Pelaksanaan kunjungan melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangkat desa, para Ketua Rukun Tetangga (RT), Ketua Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat, tokoh agama, karangtaruna, dan juga Satgas DPP AMPAR dan masyarakat sekitar desa Buyut.

Acara sedekah bumi ini ada beberapa hiburan salah satunya pagelaran wayang kulit   Wayang Purwa,  manunggal Ng budaya, kidalang Anon Sunara Pratama dari Gegesik kidul, masyarakat antusias berjoged ketika lantunan nyanyian sinden dengan suara yang merdu berjoged didepan panggung dengan hati gembira.

Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada warga desa Buyut Kuwu Wandi memaparkan hasil bumi sekarang Alhamdulillah meningkat luarbiasa dengan hasil yang memuaskan sehektar bisa mencapai 7 ton lebih ujarnya pada awak media.

Kepala desa atau Kuwu Desa Buyut Kuwu Wandi mengatakan, acara sedekah bumi sudah merupakan tradisi tahunan. dilaksanakan untuk menyambut datangnya panen raya sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Mahaesa dan Alhamdulillah panen raya ini meningkat pesat  hasilnya sangat luar biasa mencapai 7 ton 145 Kg per hektar itu hasil maksimal  pungkasnya pada awak media.

"Tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat desa atas berkah yang diberikan kepada masyarakat, mudah mudahan setelah sedekah bumi warga diberikan keselamatan, kemakmuran serta kemudahan dibidang pertanian," pungkasnya LG pada awak media.

Ia juga meminta agar masyarakat Desa Buyut bisa bergotong royong, guyub, rukun dan harmonis selamanya bersatu untuk menghasilkan hasil pertanian dengan Mak simak pungkas Kuwu Wandi  sambil tersenyum tipis sambil ketawa pada awak media.

"Semoga dengan adanya sedekah bumi ini masyarakat Desa Buyut ini bisa terus gotong royong, guyub, rukun dan harmonis ujarnya.

 ( H.BABIL)