Bintara Remaja Korps Marinir Asah Kemampuan Menembak Mortir

Senin, 22 April 2024

Bintara Remaja Korps Marinir Asah Kemampuan Menembak Mortir



Dispen Kormar (Pasuruan) Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sebagai Komandan Regu (Danru) yang lebih diandalkan lebih inovatif serta kreatif yang mampu melaksanakan tugas Danru yang Profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman, peserta Kursus Bintara Remaja (Susbaja) Korps Marinir Angkatan XLIII/I TA. 2023 melaksanakan latihan menembak Mortir 81, bertempat di daerah latihan (Rahlat) TNI AL Puslatpurmar 3 Grati Pasuruan, Senin (22/04/2024).

Latihan menembak Mortir ini selain untuk meningkatkan kemampuan Bintara Remaja Korps Marinir dalam menggunakan senjata kelompok juga di maksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada prajurit muda tersebut tentang tehnik penggunaan senjata secara benar dan aman.

Kegiatan diawali dengan pengecekan personel, pengarahan dan teori serta teknis tentang keamanan dalam pelaksanaan menembak Mortir 81 yang baik dan benar, sekaligus dijelaskan pelaksanaan tindakan keamanan selama latihan berlangsung sesuai dengan SOP oleh Perwira Operasi Kursus (Paopsus) Mayor Marinir Kamilus Kiapati dan dilanjutkan dengan Doa bersama agar tetap diberi kelancaran dan keamanan dalam melaksanakan latihan, dilanjutkan pemberian materi oleh Bintara pelatih Sertu Marinir Katiran Agus dan Drill kering ditempat serta dilanjutkan menembak basah. 

Dihadapan peserta Susbaja, Mayor Marinir Kamilus Kiapati menyampaikan hal penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Latihan menembak Mortir adalah keselamatan yang merupakan prioritas utama (Zero Accident) dengan tidak meninggalkan substansi latihan itu sendiri. "Menembak merupakan kemampuan dasar dan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit, oleh karena itu ilmu yang telah diberikan oleh pelatih agar dijadikan pedoman dalam melaksanakan menembak baik saat latihan maupun di medan penugasan nantinya" pungkasnya.

Lkn