Komandan Brigif 2 Marinir Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXVIII Di Sidoarjo

Kamis, 25 April 2024

Komandan Brigif 2 Marinir Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXVIII Di Sidoarjo


TNI AL, Dispen Kormar (Sidoarjo). Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Arip Supriyadi, S.H., M.M., M.Tr.Hanla yang diwakili oleh Perwira Staf Personel (Paspers) Brigif 2 Marinir Letkol Marinir Widi Permono, S.A.P., M.Tr.Opsla menghadiri upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII tahun 2024 di Alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur. Kamis (25/04/2024).

Pada Upacara peringatan yang bertemakan "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat" tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidoarjo Dr. Fenny Apridawati, S.KM., M.Kes dan yang bertindak sebagai Komandan Upacara Camat Balongbendo Bapak Achmad Farkan Jazuli, S.STP., MM.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan Sekda Kabupaten Sidoarjo menyampaikan bahwa penerapan otonomi daerah, melahirkan kebijakan desentralisasi kepada pemerintah daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya secara lebih efisien dan berkelanjutan, termasuk melalui transformasi produk unggulan dengan tetap memperhatikan potensi daerah.

Di samping mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam konteks ekonomi hijau, lanjutnya, pemerintah daerah dihadapkan pada hambatan dan tantangan dalam pembangunan daerah, diantaranya, penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, peningkatan layanan publik yang berkualitas melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sidoarjo menjelaskan bahwa pelaksanaan otonomi daerah mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah. Peningkatan tersebut diharapkan agar diarahkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

L.I