Komandan Pasmar 2 Berikan Pengarahan Kepada Taruna AAL Korps Marinir

Kamis, 25 April 2024

Komandan Pasmar 2 Berikan Pengarahan Kepada Taruna AAL Korps Marinir


Dispen Kormar TNI AL (Sidoarjo). Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., memberikan pengarahan kepada Taruna tingkat IV Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 69 Korps Marinir di Raksa Cafe Kesatrian Marinir Moekijat Mako Pasmar 2 Gedangan Sidoarjo. Kamis (25/04/2024).

Pengarahan yang diawali dengan penyampaian kesan para Taruna setelah melaksanakan praktek pasukan di jajaran Batalyon Pasmar 2 selama 2 bulan tersebut, untuk menjadi feedback bagi Pasmar 2 sehingga kegiatan yang sama di tahun depan sudah di evaluasi atau diperbaiki.

Dalam arahannya Komandan Pasmar 2 menyampaikan bahwa sebagai seorang komandan pleton harus bisa menyampaikan secara narasi kepada prajuritnya, agar bisa saling memahami, mengerti dan bisa dilaksanakan. Sebagai seorang prajurit lapangan pasukan pendarat, langsung berikan perintah yang tegas dan jelas kepada para prajurit. Dan sebagai komandannya harus bisa memberikan contoh, apa yang kita perintahkan kita harus mampu melaksanakan.

"Terima kasih atas pelaksanaan latihan praktek di jajaran Korps Marinir, khususnya Pasmar 2. Apa saja yang disampaikan para Taruna tadi merupakan betul-betul dari hati nurani yang dalam dan tulus menyampaikan apa adanya", ucapnya.

Lebih lanjut, kita harus bangga bahwa kita sepenuhnya tidak tergantung kepada senjata tetapi mentalitas dan militansi yang harus pertama-tama kita tanamkan kepada para prajurit. Namun sebelum kepada prajurit, kita sebagai pemimpin mereka harus mempunyai karakter yang militan dan petarung.

"Kuasai teori, sehingga setelah para Taruna nanti selesai menjalani lattek ini semuanya siap mental dan bangga ketika masuk kesatuan masing-masing. Karena Marinir adalah satu, sebagai pasukan pendarat yang saling mendukung dari berbagai subsistem yang ada, mulai dari Infanteri, Kavaleri, Artileri dan Bantuan Tempur", tegasnya.

Komandan Pasmar 2 berpesan kepada para Taruna agar mengingat dan meresapi makna dari 6 Tuntunan Korps Marinir. Kita harus bersyukur dengan senior dan sesepuh kita yang sudah mendeklarasikan 6 Tuntunan Korps Marinir. "Selamat melanjutkan pendidikan dan jaga fokus sampai kalian dapat menyelesaikannya dengan tuntas, sampai kalian dilantik menjadi Perwira Letnan Dua", pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Edi Prayitno, Para Asisten Danpasmar 2, dan Para Dankolak\Satlak Pasmar 2.

L.I