Lestarikan Alam Teduh dan Asri, Kodim 1412/Kolaka Gelar Karya Bhakti di Pesisir Pantai

Minggu, 28 April 2024

Lestarikan Alam Teduh dan Asri, Kodim 1412/Kolaka Gelar Karya Bhakti di Pesisir Pantai


Kolaka Utara–Upaya menjaga lingkungan yang teduh dan asri Kodim 1412/Kolaka menggelar karya bhakti pembersihan sampah di pesisir pantai, bertempat di Desa Landolia Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara. Minggu (28/04/24).

Dandim 1412/Kolaka Letkol Inf Syafruddin Mutasidasi S.E yang di wakili Danramil 08/Ranteangin Lettu INF Hamka S.M mengatakan, program ini adalah merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI-AD sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc tentang bagaimana memerangi sampah.

Kegitan tersebut merupakan Gerakan Aksi Bersih Pantai yang memberikan kesempatan dan kesadaran bagi masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam kampanye pengendalian pencemaran pesisir dan laut, terutama yang bersumber dari sampah laut.
 
"Sumber pencemaran pesisir dan laut tersebut, sekitar 80% berasal dari kegiatan di daratan seperti  sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut," imbuhnya.

"Pagi ini kita melaksanakan kegiatan karya bakti, dengan sasaran pembersihan antara lain, sampah Organik dan Non Organik di sepanjang pesisir pantai" kata Danramil.

"Saya mengajak kepada seluruh pihak mari bersama-sama menjadikan diri dan institusi kita sebagai kontributor dalam upaya menjaga lingkungan untuk bahu membahu memberikan kontribusi kegiatan nyata di lapangan untuk memastikan bahwa komitmen-komitmen tersebut dipenuhi melalui kebijakan dan aksi-aksi nyata", pungkas Lettu INF Hamka.
 
"Kami sangat menghargai kerjasama antara anggota TNI dan warga dalam pembersihan pesisir pantai ini. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk kebaikan bersama." tutupnya

L.I