Belajar Cuci Tangan dan Gosok Gigi, Cara Murid SD Yabore Mengenal Perilaku Hidup Bersih Sehat

Jumat, 31 Mei 2024

Belajar Cuci Tangan dan Gosok Gigi, Cara Murid SD Yabore Mengenal Perilaku Hidup Bersih Sehat



Sebanyak 19 murid SD Inpres Yabore, Distrik Naikere, didampingi gurunya mengikuti kegiatan belajar di luar kelas bersama Anggota Satgas TMMD hari Jumat (31/05/3024).

Pada kesempatan itu, Sertu Elia Mambrasar, Anggota Satgas TMMD mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada para murid. "Melalui kegiatan ini kami bermaksud memperkenalkan dan mengajarkan anak-anak mengenai pentingnya hidup bersih untuk menghindari dari berbagai penyakit sekaligus menanamkan tentang kesadaran menjaga kebersihan diri," ujar Sertu Elia.

Dijelaskan, sosialisasi PHBS ini merupakan salah satu sasaran non fisik TMMD ke-120 di Kabupaten Teluk Wondama. Adapun fokus utama kegiatan kali ini ialah memberikan edukasi kepada anak-anak pentingnya PHBS serta mengajarkan langkah mencuci tangan yang baik dengan benar, membersihkan kuku dan menyikat gigi.

Setelah mendengarkan penjelasan Sertu Elia tentang cara cuci tangan, setiap murid diberikan kesempatan untuk praktik mencuci tangan yang baik. Sesekali mereka diingatkan untuk mengulangi jika ada langkah-langkah yang terlewat. Kegiatan ini memang dilakukan dengan pendekatan secara interaktif dan dilatihkan secara langsung agar anak-anak bisa melakukan sendiri dan membentuk kebiasaan untuk hidup bersih.

Sewaktu diajarkan cara menyikat gigi, anak-anak diminta berbaris sambil memegang gelas dan sikat giginya. Lalu Sertu Elia menghampiri satu per satu murid untuk diberikan pasta gigi. Mereka lantas mencoba menyikat giginya seperti yang diperagakan di depan.

"Sikat giginya boleh dibawa pulang. Saya minta apa yang sudah diajarkan di sini diingat dengan baik dan dilakukan setiap hari di rumah masing-masing," pesan Sertu Elia menutup kegiatan.

L.I