Dampingi Kegiatan Posyandu, Babinsa Serka Haruna Pantau Tumbuh Kembang Balita Dan Anak

Sabtu, 11 Mei 2024

Dampingi Kegiatan Posyandu, Babinsa Serka Haruna Pantau Tumbuh Kembang Balita Dan Anak



JENEPONTO - Salah satu peran Babinsa selaku Bapak Asuh Anak Stunting di Desa/Kelurahan adalah melaksanakan pemantauan perkembangan pada Balita dan Anak, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 01 Binamu Kodim 1525 Jeneponto Serka Haruna, terus melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu.

Adapun kegiatan Posyandu diantaranya Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan Balita dan pemberian Vitamin, serta monitoring evaluasi stunting dan pelayanan imunisasi, berempat di Posyandu Mekar Melati Desa Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Sabtu, 11/05/2024.

Disela-sela kesibukannya, Babinsa Serka Haruna menyampaikan bahwa dalam perannya sebagai Babinsa (Bapak Asuh) dalam penanganan dan mencegah stunting, adalah mengajak dan memberikan himbauan kepada masyarakat yang mempunyai Balita agar patuh dan rutin membawa anaknya ke Posyandu, ujarnya.

Selain itu, bersama kader Posyandu memberikan penyuluhan dan konseling kesehatan gizi, guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan seorang Ibu. Oleh karenanya, jika kegiatan Posyandu sudah terselenggara dengan baik maka kita dapat mengetahui tumbuh kembang pada anak, dan juga dapat menekan angka penurunan stunting diwilayah, pungkasnya.

Sementara Bidan Desa, menuturkan bahwa Posyandu merupakan garda terdepan atau ujung tombak pemerintah dalam pencegahan stunting karena langsung dapat melihat perkembangan dan kondisi balita setiap bulannya, tuturnya.

"Karena melalui sejumlah program yang dijalankan, Posyandu dapat meningkatkan edukasi dalam pencegahan tubuh pendek atau stunting pada anak." Ungkapnya.

L.I