Danrindam IM Pimpin Upacara Tradisi Pembaretan Prajurit Siswa Dikjurbaif Abit Dikmaba TNI AD TA 2023 (OV)

Sabtu, 25 Mei 2024

Danrindam IM Pimpin Upacara Tradisi Pembaretan Prajurit Siswa Dikjurbaif Abit Dikmaba TNI AD TA 2023 (OV)



Pidie - Danrindam IM, Kolonel Inf Hasandi Lubis, S.I.P., M.M., M. Han. Menutup latihan Yuddhawastu Pramukha dan Tradisi Pembaretan Siswa Dikjurbaif Abit Dikmaba TA 2023 (OV) di Pasi ie leubeue, Kab Pidie, Aceh, Sabtu (25/05/2024)

Acara ditandai dengan pelepasan tanda peserta latihan dan dilanjutkan dengan pemasangan baret serta penyematan brevet oleh Danrindam IM kepada perwakilan siswa.

Danpussenif Kodiklatad, Letnan Jendral TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M. Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrindam Iskandar Muda, menyampaikan tradisi pembaretan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan seorang prajurit infanteri. Berkenaan dengan itu, saya selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri beserta seluruh keluarga besar korps infanteri mengucapkan selamat atas kemampuan yang telah diraih sekaligus mengesahkan pemakaian baret dan brevet "Yuddhawastu Pramukha".

Tradisi penyematan pembaretan dan brevet kualifikasi "Yuddhawastu Pramukha" merupakan suatu pengakuan dan penghargaan serta lambang kehormatan bagi prajurit infanteri sebagai queen of the battle, prajurit infanteri yang memiliki kemampuan untuk bergerak di setiap bentuk medan pertempuran yang tidak dimiliki oleh prajurit di luar kecabangan infanteri.

Yuddhawastu Pramukha merupakan latihan aplikasi seluruh materi pelajaran yang diterapkan pada kondisi medan dan cuaca yang bervariasi dan faktor taktis lainnya. Latihan ini bertujuan untuk membekali para siswa agar mampu mengaplikasikan taktik dan teknik kecabangan infanteri. Kalian adalah prajurit infanteri yang tanggap, tanggon dan trengginas.

Sadarilah bahwa jalan hidup yang kalian pilih sebagai prajurit infanteri adalah suci dan mulia serta merupakan rahmat dari tuhan yang maha esa. Sejarah telah mencatat bahwa prajurit korps infanteri telah berhasil memenangkan berbagai pertempuran yang menentukan. Oleh karena itu, pertahankan dan pelihara semangat Yuddhawastu Pramukha ini dalam pengabdian kalian kepada nusa dan bangsa.

Di sela acara Penutup latihan Yudha wastu Pramukha dan tradisi pembaretan, Danrindam IM, Kolonel Inf Hasand

L.I