Dengan Alat Hand Traktor, Babinsa Kodim Jeneponto Bantu Petani Menggarap Sawah

Kamis, 02 Mei 2024

Dengan Alat Hand Traktor, Babinsa Kodim Jeneponto Bantu Petani Menggarap Sawah



JENEPONTO - Membantu dan memberikan pendampingan kepada para petani sudah merupakan tugas dan tanggung jawab TNI dalam hal ini seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berdinas di kewilayahan teritorial.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sertu Syamsuddin. M, anggota Koramil 05 Batang Kodim 1425 Jeneponto, yang sedang membajak sawah di Lahan seluas 1 hektar milik H. Gaddong, yang bertempat di Dusun Bonto Langga, Desa Tino, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Rabu, 01/05/2024.

Tampak terlihat dari pantauan anggota Penerangan Kodim (Pendim) 1425 Jeneponto Sertu Syamsuddin, membantu petani dengan mengoperasikan alat Hand Traktor dalam menggarap sawah. Menurutnya dengan alat traktor akan mempermudah dan mempercepat dalam pengolahan lahan sawah sehingga dapat mempercepat dalam tanam padi, tutur Babinsa.

Ditempat terpisah, Danramil 05 Batang Lettu Inf Marzuki mengatakan, Bahwa Babinsa akan selalu turun ke lapangan untuk mendampingi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para kelompok tani di Desa Binaannya. 

Hal ini dilakukan agar para Babinsa dapat memberikan arahan dan himbauan serta memberikan motivasi tinggi terhadap para petani supaya lebih giat lagi dalam hal pertanian Sehingga nantinya akan menuai hasil panen yang produktif, ujar Danramil. 

Sedangkan H. Gaddong pemilik lahan menyatakan, pendampingan yang dilakukan Babinsa sangat membantu para petani di Desa Tino ini.

"Pendampingan ini sangat di rasakan manfaatnya oleh para petani, dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat sangat membantu kami, dan para petani lainnya jadi lebih semangat dalam membajak sawahnya untuk mendukung ketahanan pangan yang diprogramkan pemerintah."Ungkap H. Gaddong.

L.I