MEMPERINGATI HARDIKNAS PAMDES WARUKAWUNG LAUNCHING PROGRAM S3+S3

Jumat, 10 Mei 2024

MEMPERINGATI HARDIKNAS PAMDES WARUKAWUNG LAUNCHING PROGRAM S3+S3

Cirebon, patroliunit1.com

Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional terdapat dalam pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 yang berbunyi:

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Untuk mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional tersebut, Salah satu Pemdes di Kabupaten Cirebon yakni pemdes Warukawung bersama kepala sekolah SMK Assyifa Cikeduk Depok, berusaha sekuat tenaga menjalin kerjasama dengan beberapa instansi terkait, antara lain beberapa kampus terkenal di Cirebon, beberapa pondok pesantren ternama, instansi pemerintah hingga paguyuban para pedagang di wilayah setempat.

Turut hadir pula dalam acara Launching program ini wakil bupati kabupaten Cirebon,  ketua MUI kec. Depok, kepala sekolah SMK Assyifa, para tamu undangan, perangkat desa dan tentu nya masyarakat setempat.
" Program S3+S3 ini, tergagas dari kisah hidup saya yang ingin melanjutkan pendidikan setelah tamat SD, namun tidak mendapat restu dan indahan dari kedua orangtua saya sebab kedua orangtua saya merasa tidak mempunyai biaya untuk menyekolahkan saya ke jenjang selanjutnya. Tidak menyerah sampai disitu, saya pun meminta untuk mondok di pesantren walau tidak bersekolah. Namun kembali orangtua saya menolak dengan alasan yang sama yakni ketidakmampuannya orangtua saya dalam menyekolahkan dan memondokkan saya agar mendapat ilmu.  Akhirnya saya memutuskan pergi merantau untuk mengobati rasa kecewa saya terhadap keadaan sehingga saya tidak mampu melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi." Jelas Kuwu Warukawung H. Agung saat sambutannya.
Acara pun berlanjut dengan khidmat hingga tiba saat pemotongan pita sebagai simbolis Launchingnya program berkualitas ini di desa Warukawung. "Bismillah dengan izin Allah dan didorong oleh segala semangat untuk memajukan warga desa Warukawung, saya beserta perangkat desa Warukawung juga segenap rekan-rekan dari universitas, lembaga-lembaga, serta donatur-donatur yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu, malam ini pada hari Jumat, 10 mei 2024 pukul 22.30 resmi meluncurkan program S3+S3. " Sambung kuwu H. Agung

laporan. A.Dicky