Ormas Laki Aceh Timur, meminta PJBupati Tekankan Bidan Desa Jangan Tinggalkan Polindes

Kamis, 02 Mei 2024

Ormas Laki Aceh Timur, meminta PJBupati Tekankan Bidan Desa Jangan Tinggalkan Polindes



Ormas Laki Aceh Timur meminta PJBupati Aceh Timur menyerukan Bidan Desa di jajarannya untuk menempati Pondok Bersalin Desa (Polindes) guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Seketaris  Laki Dpc Aceh Timur Mustafa meminta Pj Bupati Kabupaten Aceh Timur mengatakan, keberadaan Polindes di masing-masing desa selain sebagai pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama ibu dan anak, sekaligus menjadi tempat tinggal bidan yang bertugas di desa.

"Kami ingin para bidan desa meningkatkan kinerjanya dengan memberikan pelayanan 24 jam di Polindesnya dalam rangka melayani kesehatan masyarakat desa, karena saat ini hampir di semua desa memiliki Polindes," kata Mustafa

Untuk itulah, Meminta PJ Bupati Kabupaten Aceh Timur pihaknya menekankan para bidan jangan suka meninggalkan Polindes, karena manakala sering tidak ada di tempat tugasnya pasti berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat desa.

"Jika bidan tidak ada di Polindes tentunya masyarakat yang rugi, karena pasti kesulitan mendapat pelayanan kesehatan. Jadi para bidan harus berada di Polindesnya masing-masing agar siap setiap waktu untuk melayani masyarakat," imbuh Seketaris  Laki Aceh Timur. 

Selain itu, Mustafa meminta, para bidan sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan ibu dan anak hendaknya mampu menurunkan angka kematian bayi, meskipun angka kematiannya menurun. 

"Menurunnya angka kematian bayi ini mengindikasikan keberhasilan pembangunan di bidang peningkatan derajat kesehatan masyarakat, sehingga harus dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang," harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur Saminan menambahkan, pihaknya melalui masing-masing Puskesmas untuk meningkatkan pengawasan para bidan di wilayahnya supaya berada di Polindes selama 24 jam.

"Kami sudah melakukan pengawasan dan evaluasi untuk mengetahui kinerja para bidan di masing-masing desa, dan melalui Puskesmas memberikan penekanan apabila ada bidan desa di jajarannya yang meninggalkan Polindes," pungkasnya.

Berdasarkan data, sampai saat ini, jumlah bidan di Kabupaten Aceh Timur secara keseluruhan Harus Tinggal di polindes nya ungkap Saminan kepala dinas kesehatan.

(L.I/Dewa Cakra Natar)