Pertemuan Masyarakat Olilit Bersama PJ.Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Jumat, 03 Mei 2024

Pertemuan Masyarakat Olilit Bersama PJ.Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Olilit raya, 
 Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam hal ini Pj. Bupati Kepulauan Tanimbar Piterson Rangkoratat, SH melakukan kunker sekaligus pertemuan bersama masyarakat Desa Olilit Raya, 03/05/2024.

Dimana lewat kunker pemerintah daerah ada beberapa program prioritas yang telah ditetapkan untuk dijalankan demi menunjang jalannya roda pemerintahan, ujar Rangkoratat di Balai Desa Olilit Timur.

Adapun Rangkoratat dalam penjelasannya menjelaskan bahwa ada lima program prioritas anataralain pertama yaitu pengentasan kemiskinan. Alasannya adalah keadaan ekonomi masyarakat yang masih dibawah garis kemiskinan serta miskin ekstrim yang melanda, maka perlu adanya program pemberdayaan masyarakat terus didorong guna pengentasan miskin ekstrim.

Program yang kedua adalah Penurunan Angka Stanting, untuk itu diharapkan melalui berbagai pemberdayaan masyarakat dapat menurunkan angka Stanting pada desa Olilit.

Kemudian Program prioritas Ketiga adalah inflasi, menjaga harga bahan pokok di pasar agar dapat terjangkau dan daya beli masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan dasar. Sehingga Pemda harus fokus memberikan perhatian terhadap harga barang di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. 

Selanjutnya Program prioritas ke empat adalah tata kelola pemerintahan, terus didorong agar tata kelola pemerintahan terutama ASN yang memiliki potensi dan semangat kerja yang baik, hal ini juga harus diberlakukan di desa Olilit yang mana BPD harus menjalankan tugasnya sebagai pengawas untuk mengawasi jalannya roda pemerintahan di desa serta harus juga ada kolaborasi bersama pemdes untuk menjaga pembangunan, dan pengelolaan keuangan yang sehat demi kepentingan masyarakat. 

Dan Program prioritas kelima atau yang terakhir adalah memfasilitasi persiapan penyelenggaraan pemilu, maka perlu bagi kita untuk menjaga dan menjamin keamanan dan ketertiban di dalam desa maupun di daerah, ujar Rangkoratat

Dari ke lima program yang telah di sampaikan,  Rangkoratat juga menjelaskan kepada masyarakat desa Olilit tentang RSUD dr. P.P. Magretty yang berada di Ukur Laran yang dibangun dengan tipe B. RSUD tersebut akan terus didorong serta diupayakan agar segera difungsikan demi pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Beliau juga menambahkan ada berbagai agenda keagamaan baik ditingkat Kabupaten  maupun ditingkat provinsi seperti pelaksanaan Muspas, Pentahbisan para Imam baru, Pesparawi tingkat Provinsi dan MTQ tingkat Provinsi, maka pemerintah telah mengusulkan penambahan dana hibah dari APBD guna membiayai berbagai kegiatan keagamaan tersebut.

Sementara terkait kuota ASN  pada tahun 2024, Rangkoratat menyampaikan bahwa  jumlah kuota ASN yang akan di terimah daerah sebesar 2073 dan juga diberi kesempatan kepada anak-anak kita yang berijazah SMA maupun Sarjana.

Sebelum menutup pertemuan di desa Olilit, Rangkoratat yang merupakan PJ.Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar berpesan bagi tenaga honorer
" jadi bagi tenaga honorer yang kemarin terpaksa dirumahkan karena perintah undang-undang, boleh mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi ASN nantinya"tutup

Pewarta/Dewa Cakra Natar 
Editor/L.I