Polsek Mdona Hyera Gelar Program Polri Peduli Stunting Bersama Tenaga Kesehatan Puskesmas Mahaleta.

Jumat, 03 Mei 2024

Polsek Mdona Hyera Gelar Program Polri Peduli Stunting Bersama Tenaga Kesehatan Puskesmas Mahaleta.


  

Humas Polres MBD – Pelaksanaan program Polri Peduli Stunting dalam upaya mendukung Program Polri Presisi 2023 secara berkesinambungan yang dilaksanakan oleh Polsek Mdona Hyera bersama tenaga kesehatan Puskesmas Mahaleta di beberapa Desa pada Kecamatan Mdona Hyera dalam upaya Pencegahan serta Penanggulangan Stunting atau Gizi buruk pada balita.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Mdona Hyera Bripka K. D. Jennia bersama Kepala Desa Pupliora, Tenaga Kesehatan Puskesmas Mahaleta Losia Imlawal A.Md, Keb dengan didampingi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat (NS) Monika Riskia Putri, S.Tr.Keb. dan Ni Made Arik Sapitri, S.Tr.Gz hadir di Balai Desa dalam kegiatan Posyandu KIA bersama para kader dan orang tua anak di Desa Pupliora Kecamatan Mdona Hyera pukul 09.00 Wit pada Jumat pagi (03/05/2024). 

Kegiatan penanganan pencegahan Stunting oleh Bhabinkamtibmas bersama Tenaga Kesehatan semata-mata dilakuan karena adanya kepedulian Polri dan Pemerintah Kecamatan kepada masyarakat, Polri berupaya mencari solusi untuk menekan dan mencegah bahaya stunting di wilayah Kecamatan Mdona Hyera sendiri.  

Pada kesempatan itu Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno mengatakan, langkah pendampingan yang dilakukan oleh Polri bersama stake holder lainnya memberikan arahan kepada orang tua bayi / balita agar selalu menjaga kesehatan anak dan selalu ke Posyandu apabila ada kegiatan penimbangan balita.

" Dengan adanya peran aktif antara Polri dan semua pihak khususnya Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Desa serta elemen terkait lainnya yang bekerja sama secara bahu membahu melalui upaya menghindarkan warga dari pengaruh Gizi buruk yang terjadi akibat kurangnya asupan Gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengganggu tumbuh kembang anak. " tutur Kasi Humas. 

Kasi Humas juga menambahkan, ada langkah-langkah efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting yakni : a). Saat masa kehamilan diterapkan beberapa hal yang harus diperhatikan seperti pahami konsep gizi, pilihlah menu makanan yang beragam, lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin dan tingkatkan kebersihan diri dan lingkungan.   b). Ketika sudah melahirkan bawalah anak ke Posyandu untuk mendapatkan imunisasi pada balita, berikan asupan gizi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak dan pemberian makanan tambahan.

" Pimpinan berharap kiranya langkah-langkah efektif yang sudah kita (Polri-red) lakukan selama ini dapat ditindak lanjuti oleh semua pihak secara berkelanjutan dengan didasari rasa kepedulian bersama untuk memerangi serta menurunkan angka stunting sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita di Kecamatan ini senantiasa terjaga dalam keadaan baik dan sehat. " tutup Kasi Humas.

(L.I/Dewa Cakra Natar)