Gelar Karya P5 Babinsa Kratonan Harapkan Siswa Dapat Menjadi Profil Pelajar Pancasila

Selasa, 11 Juni 2024

Gelar Karya P5 Babinsa Kratonan Harapkan Siswa Dapat Menjadi Profil Pelajar Pancasila

Surakarta - Babinsa Kelurahan Kratonan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Sertu Suwarno dan Koptu Resbiyanto menghadiri acara Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), kegiatan tersebut bertempat di halaman SDN Kemasan 1 Jl. Pringgodani No.27 Kelurahan Kratonan, Kecamatan Serengan, Rabu (12/06/24).

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya, Perwakilan Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Surakarta Dra Sri  Wahyuni MM, Kepala kecamatan Bp Margono Stp Msi, Kepala Kelurahan Kratonan Ibu Pratiwi SE Msi, Danramil 03/Serengan Kapten Inf Narno, Kepala Polsek Serengan Kompol Widodo SH, Kepala UPT Puskesmas Kratonan Dr Andani Limawati, Korwas dan Pengawas kota surakarta, Kepala sekolah SDN Kemasan 1 Ibu Sriyanti Spd, Kepala sekolah penggerak 1 & 2 Sekota Surakarta, Kepala sekolah SD/Mi Sekecematan Serengan, Kepala TK se Kecamatan Serengan dan Babhinkamtipmas Kratonan Bripka Danar.

Ditegaskan Sertu Suwarno Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah sebuah pendekatan pembelajaran melalui proyek dengan sasaran utama mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila. Peserta didik akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya. Dalam pelaksanaan proyek, guru-guru harus berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan, memfasilitasi, dan menjalankan asesmen.

"Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah agar para pelajar di Indonesia dapat tumbuh sebagai pelajar yang berkompeten, terampil, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila."tuturnya.

"Dalam pembinaan teritorial merupakan program pembinaan sumberdaya manusia sebagai kompartemen pendukung, semakin banyak sumber daya manusia yang paham Pancasila tentunya akan menguatkan kondisi sosial masyarakat sebagai salah satu kekuatan pendukung dalam sistem pertahanan semesta (Sishanta) yang menjadi sistem pertahanan negara kita,"ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan kota surakarta yang diwakili oleh Ibu Dra Sri Wahyuni MM mengatakan sangat mengapresiasi terhadap kinerja Kepala Sekolah yang telah berinovasi dan kreativitas terhadap kemajuan siswa dalam penguatan pelajar pancasila.

"Perkembangan di bidang pendidikan saat ini tentang Kurikulum Merdeka Belajar. Guru harus tahu sejak dini sehingga ketika diminta untuk melaksanakan kebijakan tersebut harus siap secara ilmu, mental, perangkat, penilaian terhadap peserta didiknya," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SDN Kemasan 1  mengucapkan "terima kasih kepada tamu undangan dan orang tua wali murid yang hadir pada hari ini menyaksikan karya siswa karya anak-anaknya yang sedang ditampilkan.

Penulis : Arda 72