Kunjungan Kerja ke Kodim Bombana, Danrem Tekankan Babinsa Kuasai Geodemokonsos Wilayah Binaannya

Selasa, 11 Juni 2024

Kunjungan Kerja ke Kodim Bombana, Danrem Tekankan Babinsa Kuasai Geodemokonsos Wilayah Binaannya



Bombana - Komandan Korem 143/HO Brigjen TNI R. Wahyu Sugiarto, S.I.P., M. Han beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja di Markas Kodim 1431/Bombana, Desa Hukaea, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana pada Selasa, 12 Juni 2024. 

Kedatangan Danrem Brigjen TNI R. Wahyu Sugiarto, S.I.P., M.Han disambut oleh Dandim 1431/Bombana Letkol Inf Andi Irfandi, S.I.P., Forkopimda Kabupaten Bombana, seluruh prajurit, dan Persit Kartika Chandra Kirana Cab LXIV Dim Bombana.

Dalam kunjungan tersebut, Danrem memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit dan Persit Kodim 1431/Bombana di Aula Serba Guna Makodim Bombana. 

Brigjen TNI R. Wahyu Sugiarto, S.I.P., M.Han menekankan pentingnya penguasaan Geografi, Demografi, dan Kondisi Sosial (Geodemokonsos) wilayah binaan oleh para Babinsa. Kehadiran Babinsa di pelosok menjadi representasi kehadiran negara.

"Babinsa harus menguasai Geodemokonsos di wilayah Binaannya, Karena Kehadiran Babinsa adalah Representasi dari Kehadiran Negara hingga ke Pelosok Desa" Ujar Danrem 

Danrem Brigjen TNI R. Wahyu Sugiarto, S.I.P., M.Han juga menyampaikan bahwa TNI merupakan institusi negara yang memiliki tingkat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, dengan persentase 86.9%. Kepercayaan ini, menurut beliau, berpengaruh pada kesejahteraan anggota TNI.

Menjelang Pilkada dan Pemilu 2024, Danrem menekankan pentingnya menjaga netralitas TNI. 

"Saya Berharap seluruh prajurit untuk memegang teguh prinsip Netralitas TNI yang telah menjadi penekanan dari pimpinan Angkatan Darat." Tegas Danrem 

Danrem Brigjen TNI R. Wahyu Sugiarto, S.I.P., M.Han juga mengingatkan Bagi anggota Persit, bahwa "meskipun mereka memiliki hak pilih, mereka perlu menjaga kebijakan netralitas dengan menghindari perdebatan di media sosial dan menyadari hak pilih mereka tanpa menimbulkan konflik."

Pada kesempatan tersebut, Danrem menyerahkan 40 unit kendaraan operasional kepada Babinsa secara Simbolis, memperkuat dukungan logistik dan mobilitas mereka di lapangan. (PEN)

L.I