Maksimalkan Penanganan ODGJ, Babinsa Kelurahan Kratonan Ikuti Bimtek Kawan Raga Jiwa

Rabu, 26 Juni 2024

Maksimalkan Penanganan ODGJ, Babinsa Kelurahan Kratonan Ikuti Bimtek Kawan Raga Jiwa

Surakarta - Babinsa Kelurahan Kratonan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Sertu Suwarno dan Koptu Resbiyanto Pada Pukul 08.00 Wib hingga selesai melaksanakan Bimbingan Teknis Kelompok Relawan yang menangani Orang dengan gangguan jiwa (Kawan Raga Jiwa) di Pendopo kelurahan Kratonan Jl. Pringgodani No.32 Serengan, Kota Surakarta. Rabu (26 Juni 2024).

Tujuan digelarnya Bimtek untuk melatih Kader Kesehatan Jiwa agar mampu menemukan kasus gangguan jiwa, mampu menangani kasus kesehatan jiwa dan menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).


Ida Prihatin,S.Kep Ns Sebagai Narasumber dan Pemegang Program Keswamas Puskesmas Menyampaikan "Bimtek membahas perawatan kesehatan jiwa atau upaya memajukan pelayanan kesehatan jiwa, agar ODGJ yang tidak tertangani di masyarakat, mendapat pelayanan lebih baik".

Penanganan kesehatan jiwa di Indonesia merupakan salah satu masalah yang sering mengalami banyak kendala, yang menjadi kendala utama yakni stigma di masyarakat terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Mereka masih kerap mendapatkan diskriminasi dan perlakuan yang tidak manusiawi bahkan oleh keluarga sendiri. Dengan adanya Bimtek ini berharap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) harus diperlakukan sama seperti semua orang. 

Bimtek kali ini diikuti 20 peserta dari Kader kesehatan jiwa di kelurahan Kratonan, Seperti perwakilan dari warga masyarakat, Linmas serta termasuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang sering bersinggungan dengan ODGJ dan penanganannya.

Kepala kelurahan Kratonan Ibu Pratiwi SE Msi. menyampaikan "Kita ingin meningkatkan pengetahuan dan standar penanganan ODGJ bagi tenaga yang sering terlibat, seperti petugas kesehatan, warga masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Penulis: Arda 72