Pangdam Kasuari : Apel Dansat Untuk Mewujudkan Satuan Yang Siap Operasional Serta Bangun Inovasi dan Inisiatif

Senin, 03 Juni 2024

Pangdam Kasuari : Apel Dansat Untuk Mewujudkan Satuan Yang Siap Operasional Serta Bangun Inovasi dan Inisiatif



Manokwari. - Tujuan diselenggarakannya apel Dansat ini adalah agar diperoleh kesamaan pemahaman tentang kebijakan pimpinan untuk mewujudkan satuan yang siap operasional, membangun inovasi dan inisiatif komandan satuan, mengetahui kualitas Komandan Satuan serta meningkatkan soliditas dan kepemimpinan lapangan. 

Hal ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., dalam sambutannya saat membuka secara langsung apel Komandan Satuan (Dansat) tersebar Kodam XVIII/Kasuari TA. 2024, di aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, pada Senin (3/6/2024).

Orang nomor satu dilingkungan Kodam XVIII/Kasuari ini mengatakan bahwa setiap satuan harus siap dioperasionalkan setiap waktu apabila negara membutuhkan, terutama dalam menghadapi situasi yang genting, untuk itu semua satuan jajaran perlu melaksanakan Binsat secara terencana, sistematis, terukur dan  terpadu guna memperoleh kesiapan operasional dalam rangka melaksanakan tugas OMP dan OPSP.

"Melihat kondisi dan keterbatasan yang ada, saya minta para Komandan satuan agar bertanggung jawab penuh atas kesiapan satuannya, tidak menyerah dengan keadaan, kondisi sulit dan banyak tantangan justru membuat kita untuk berpikir kreatif dan inovatif untuk terus menerus melakukan pembinaan satuan secara tepat, terarah dan berkesinambungan," ucapnya.

Pada kegiatan ini, ia juga mengharapkan kepada para Dansat dapat memberikan masukan sehingga situasi tetap damai serta pelanggaran disatuan semakin berkurang.

"Melalui forum ini saya kembali mengingatkan, salah satu tanggung jawab Kodam diantaranya adalah menggelar dan membina satuan untuk kepentingan pertahanan wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya yang merupakan bagian dari pertahanan negara Indonesia," ungkapnya.

Dalam acara para peserta apel Dansat juga berkesempatan mendapatakn pembekalan yang disampaikan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Drs. Ali Baham Temongmere, M.T.P., Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Dr. Drs. Muhammad Musa'Ad, M.Si. dan Kepala Divisi Layanan TI Pemerintah, Suharyoto, S.E., M.M.  

Pada kegiatan ini Kodam XVIII/Kasuari menyusun tema "Melalui Apel Dansat TNI AD Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Guna Mewujudkan Pertahanan Yang Tangguh Untuk Indonesia Maju". 

Peserta apel Dansat tersebar Kodam XVIII/Kasuari ini diantaranya Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, Irdam, Kapoksahli Pangdam, Danrem 181/PVT, Danrem 182/JO, Danrindam XVIII/Kasuari, para Staf Ahli Kodam, LO AL, LO AU, Danbrigif 26/GP, para Dandim, dan para Danyon jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

(Pendam XVIII/Ksr)

L.I