Soal Harga Cengkih, Billy Lombok Interupsi Banggar Tanya Sikap Subsidi Pemerintah. Manado Sulawesi Utara

Selasa, 30 Juli 2024

Soal Harga Cengkih, Billy Lombok Interupsi Banggar Tanya Sikap Subsidi Pemerintah. Manado Sulawesi Utara

Wakil ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Billy Lombok meminta sikap pemerintah terkait harga cengkih di Sulut yang kian merosot. Billy, pada rapat pembahasan KUA dan PPAS antar DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sulut.

"Strategi apa yang akan dilakukan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka melihat harga komoditas unggulan Provinsi Sulawesi Utara," ucap Billy dalam rapat pembahasan KUA dan PPAS Selasa, (30/7/2024) di ruang rapat DPRD Sulut.
Billy juga mengungkapkan, 

sejumlah petani cengkih pun kini mengungkap kekecewaannya dengan melakukan penebangan pohon cengkih akibat harga yang anjlok di musim panen.
"Ini pohon cengkih sudah ada yang mulai di potong. Padahal, jika harganya bagus, kan bisa terbaca di mana bisa meningkatkan pada pajak daerah," jelas Billy.

Perdebatan pun terjadi ketikan permintaan sikap pemerintah Provinsi Sulut terhadap anjloknya harga komoditas cengkih tersebut untuk kesejahteraan petani cengkih mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan oleh kepala Bappeda Sulut.

Billy sebagai penasehat Fraksi partai Demokrat itu pun terus melancarkan sejumlah pertanyaan kepada kepala dinas Bappeda Sulut untuk mendapatkan sikap dan solusi terhadap anjloknya harga cengkih di Sulut.

"Apakah pemerintah bisa menangani hal ini mungkin dengan disubsidi atau tidak," tegas Billy.
Disamping itu Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Elvira Katuuk pun berbicara tentang program produk unggulan cengkih yang akan di tata pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut.

"Kalau kami melihat dari program prioritas pembangunan tahun 2025, nanti akan dijabarkan dalam sub kegiatan dari program perdagangan dan program perdagangan luar negeri, yang ada di dinas perdagangan dan perindustrian, sebagai bagian hilirisasi dari produk unggulan yang ada di Dinas perkebunan dalam hal ini untuk produk unggulan cengkih," pungkas kata Elvira.

Editor/L.I.79