Mahasiswa KKN UNS 2024 Gelar Sosialisasi dan Inovasi PMT Cegah Stunting di Desa Trombol

Minggu, 18 Agustus 2024

Mahasiswa KKN UNS 2024 Gelar Sosialisasi dan Inovasi PMT Cegah Stunting di Desa Trombol

Surakarta - Mahasiswa KKN UNS 2024 Kelompok 338 melakukan edukasi stunting dan pengajaran kepada ibu-ibu kader posyandu dalam pembuatan puding susu kacang tanah sebagai inovasi PMT (Pemberian Makanan Tambahan) pencegah stunting di Posyandu Amanah Desa Trombol, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak pada usia balita yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam 1.000 hari pertama kehidupan. Dampak stunting yaitu memiliki tinggi dan berat badan yang rendah, tingkat kecerdasan di bawah rata-rata, dan rentan terhadap penyakit. Kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai menjadi faktor penyebab stunting. 

Melihat banyaknya produksi kacang tanah di Desa Trombol, Arrum Hamidah Kurniasih, Mahasiswi Ilmu Teknologi Pangan dan Aulya Fathin Mufidah dari Mahasiswi Pendidikan Biologi menginovasikan produk puding susu kacang tanah. 

"Pudding kacang tanah menambah diversitas menu PMT agar anak tidak jenuh dengan menu yang monoton dan memperbaiki angka stunting." ungkap Fathin.

Dijelaskannya, pada setiap 100 gram kacang tanah memiliki 567 kalori, 49,24 gram lemak, 25,8 gram protein, dan 16,13 gram karbohidrat. Dengan perhitungan kecukupan gizi ini dapat memenuhi 28% dari angka kecukupan gizi dari 2000 kalori. 

"Kami membuat inovasi puding susu kacang tanah yang disertakan dengan penyebaran leaflet agar masyarakat mengetahui tata cara pembuatan puding susu kacang tanah," tambah Arrum.

Dalam pembuatan puding susu kacang tanah, Fathin dan Arum turut menjelaskan proses pembuatannya, kacang direndam selama 8 jam atau semalaman. Lalu kacang dicuci untuk dibersihkan dari kulit ari. Kacang tanah di haluskan dengan tambahan 400ml air yang dimasukkan secara perlahan 100ml.

Setelah dihaluskan, kacang diperas menggunakan kain bersih. Sari kacang dipanaskan dengan tambahan 2 lembar daun pandan, sejumput garam, dan menggunakan api kecil dibiarkan selama 5 menit. 

Setelah 5 menit berlalu, daun pandan disingkirkan, dan masukkan susu uht sebanyak 350ml lalu aduk perlahan. Masukkan puding susu instant rasa karamel atau vanilla yang sudah dilarutkan secara perlahan. 

Matikan api, tambahkan madu sebanyak 4 sendok makan lalu aduk perlahan kembali. Masukkan puding ke dalam cetakan dan biarkan sampai memadat lalu siap disajikan. Penyajian terbaik dapat dimasukkan ke dalam kulkas dimakan dalam keadaan dingin.

Penulis: Arda 72