Maksimalkan Penanganan ODGJ, Babinsa Kelurahan Kratonan Ikuti Bimtek Kawan Raga Jiwa

Senin, 05 Agustus 2024

Maksimalkan Penanganan ODGJ, Babinsa Kelurahan Kratonan Ikuti Bimtek Kawan Raga Jiwa

Surakarta - Babinsa Kelurahan Kratonan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Sertu Suwarno dan Koptu Resbiyanto melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Relawan yang menangani Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) Kawan Raga Jiwa bertempat di Pendopo kelurahan Kratonan Jl. Pringgodani No. 32, Kelurahan Kratonan, Kecamatan Serengan, Senin (05/08/2024).

Ditegaskan Sertu Suwarno tujuan digelarnya Bimtek ini adalah untuk melatih Kader Kesehatan Jiwa agar mampu menemukan kasus gangguan jiwa, mampu menangani kasus kesehatan jiwa dan menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Dengan adanya Bimtek ini berharap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) harus diperlakukan sama seperti semua orang."terangnya.

"Bimtek kali ini diikuti 20 peserta dari Kader kesehatan jiwa di kelurahan Kratonan, Seperti perwakilan dari warga masyarakat kelurahan Kratonan, Linmas dan kami sendiri selaku Babinsa bersama dengan Bhabinkamtibmas yang sering bersinggungan dengan ODGJ dan penanganannya."jelas Sertu Suwarno.

Sementara itu Ida Prihatin,S.Kep Ns Selaku Narasumber dan Pemegang Program Keswamas Puskesmas menyampaikan Bimtek kali ini membahas perawatan kesehatan jiwa atau upaya memajukan pelayanan kesehatan jiwa, agar ODGJ yang tidak tertangani di masyarakat, mendapat pelayanan lebih baik.

"Penanganan kesehatan jiwa di Indonesia merupakan salah satu masalah yang sering mengalami banyak kendala, yang menjadi kendala utama yakni stigma di masyarakat terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Mereka masih kerap mendapatkan diskriminasi dan perlakuan yang tidak manusiawi bahkan oleh keluarga sendiri."ujarnya.

Ditempat terpisah Kepala Kelurahan Kratonan Ibu Pratiwi SE Msi. juga menyampaikan "Kita ingin meningkatkan pengetahuan dan standar penanganan ODGJ bagi tenaga yang sering terlibat, seperti petugas kesehatan, warga masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Penulis : Arda 72