Camat Kepala Desa dan Sekretaris Desa Mengikuti Sosialisasi Peraturan Daerah  Kabupaten  Halsel. 

Senin, 09 September 2024

Camat Kepala Desa dan Sekretaris Desa Mengikuti Sosialisasi Peraturan Daerah  Kabupaten  Halsel. 


Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Halmahera Selatan. No.16. Tahun  2023.Tentang Pajak Daerah  dan Retribusi Daerah.yang ikut Serta dalam Sosialisasi tersebut. 30 Orang Camat. Masing- Wilayah dan 249 Kepala Desa . Yang Terjangkau.Tempat Pelaksanaan  Kegiatan Sosialisasi AULA KANTOR BUPATI. Kab
upaten Halmahera Selatan. .di Buka Oleh. Bupati Halmahera Selatan. HASAN ALI BASAM  KASUBA..Senin 09-09-2024.

Pelaksana Materi Yang dibahas dalam Kegiatan Sosialisasi Tersebut Mengara ke  Pendapatan Asli Daerah. ( PAD) Merupakan Salah satu Faktor dalam pelaksanaan Roda Pemerintahan yang Berdasar Pada Prinsip  Otonomi Peran .(PAD)  Keuangan Daerah Menjadi Salah Satu Tolak Ukur. Penting dalam  Melaksanakan Otonomi Daerah.dalam Artian  bahwa semakin Besar.kita Tau Daerah Memperoleh dan Menghimpun.( PAD).Maka akan Semakin Besar Pula 
Jumlah Besar Keuangan  yang Dapat Membiayai  Penyelenggaraan Otonomi Daerah.

Dalam Undang-undang  No.1. Tahun. 2022.Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.yang Bersifat (CLOSE LIST), Tidak  Memberikan  Kekeluasaan  Daerah Untuk Menambah Jenis Pajak Daerah dan Retribusi Daerah . Tapi Daerah  dapat Mengoptimalkan Penerimaan  Pajak Daerah Sesuai dengan Potensi dan Karakteristik yang di Milikinya.

 Dengan di Undangkannya PERDA. No 16 .Tahun 2023.Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.Maka Sangatlah Penting.di sebarluaskan  Kepada Masyarakat  dapat Memahami  aturan tersebut dan Sebagai Tahap awal pada Hari ini   Senin  09-09 -2024.  Para  CAMAT.30 Kecamatan dan Para KEPALA SESA 249. Desa, dan  SEKRETARIS DESA. di Masing-masing Desa.Dengan Harapan  dapat di Tindaklanjuti Kepada Masyarakat/ Wajib Pajak di Daerah Masing-Masing. Pelaksanaan Adalah.
Dalam Hal Ini dalam Pelaksanaan Dasar adalah
1. -Undang-undang .No 1.tentang Kauangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

2. Peraturan Pemerintah Nomor. 35 Tahun.2023.Tentang Ketentuan Umum .
3. Peraturan Daerah Kabupaten Halmahera Selatan.Nomor 18.Tahun  2021.Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah .Nomor.8 .Tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah. Kabupaten  Halmahera Selatan.
4. Peraturan Daerah Nomor.17.Tahun2012. Tentang (APBD),Tahun 2024.
5. . Peraturan Daerah.Nomor.17. Tahun 2023.
Tujuan Pelaksanaan adalah untuk memberikan Pemahaman Terkait Dengan Peraturan Daerah Kabupaten  Halmahera Selatan. Nomor.16. Tahun 2023. Pajak Daerah dan  Kontribusi Daerah. 

Investigasi/Lipsol. (b.r.tan)
Editor/L.I.79