Polres Maluku Barat Daya Turunkan Sejumlah Personel Amankan Rapat Pleno Penetapan Paslon Pilkada Tahun 2024.

Minggu, 22 September 2024

Polres Maluku Barat Daya Turunkan Sejumlah Personel Amankan Rapat Pleno Penetapan Paslon Pilkada Tahun 2024.


Humas Polres MBD – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Mantap Praja Salawaku 2024, Kepolisian Resor Maluku Barat Daya menggelar pengamanan Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya tahun 2024 yang digelar KPU Kabupaten Maluku Barat Daya pada Minggu siang (22/09/2024).

Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya tahun 2024 dibuka secara internal oleh Ketua KPU Kab. MBD Yoma D. Naskay dengan dihadiri Sekretaris KPU Kab. MBD dan Komisioner KPU Kab. MBD.

Kegiatan pengamanan dipimpin langsung oleh Kabag Operasi selaku Karendal Ops AKP John R. Soplanit dengan melibatkan para perwira pejabat Operasi dan sejumlah personel melakukan kegiatan pengamanan jalannya pentahapan pemilu di lokasi kantor KPU Kabupaten MBD sesuai dengan areal (ring) penugasannya masing-masing.

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kabag Operasi selaku Karendal Ops AKP. John R. Soplanit saat dikonfirmasi mengungkapkan, dalam pentahapan Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, pihaknya telah menyiagakan sejumlah 66 personel Polres MBD yang telah dibagi sesuai dengan penugasan masing-masing, selain itu dilibatkan pula 20 personel Kompi 4 Yon. C Brimob MBD memback up jalannya pengamanan kegiatan tersebut. 

" masing-masing satuan tugas dipimpin oleh Perwira Pengendali yang bertanggung jawab memimpin anggotanya melakukan pengamanan pada beberapa titik (ring) baik pada gedung, halaman kantor KPU maupun tempat berkumpul masa pendukung, selain itu pada dilakukan penyekatan jalan dan pengamanan rute, kesemuanya itu dilakukan dengan tujuan mengantisipasi timbulnya kerawanan kamtibmas. " ujar Kabag Ops.

Kabag Ops juga menambahkan, Kami berkomitmen untuk mengawal proses pentahapan pilkada dengan berpedoman pada aturan pengamanan oleh Polri secara maksimal, pengamanan yang kami lakukan adalah merupakan langkah Preventif guna menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga proses penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

" Dengan adanya sinergitas dan soliditas yang ditunjukkan oleh Polri dan pihak terkait maka proses Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati sebagai rangkaian Pilkada Kabupaten MBD tahun 2024 berjalan dalam situasi aman dan kondusif, kami harapkan dengan adanya kegiatan pengamanan yang ketat kiranya dalam mewujudkan proses demokrasi menjelang Pilkada yang berjalan dengan aman dan lancar. " tutup Kabag Ops.

Melkianus Natar 
L.I.79